Jumat, 18 Maret 2011

Gambaran Sanad

Gambaran Sanad

Untuk memahami pengertian sanad, dapat digambarkan sebagai berikut: Sabda
Rosulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam  didengar oleh sahabat (seorang atau lebih).
Sahabat ini (seorang atau lebih) menyampaikan kepada tabi'in (seorang atau lebih),
kemudian tabi'in menyampaikan pula kepada orang-orang dibawah generasi mereka.
Demikian seterusnya hingga dicatat oleh imam-imam ahli hadits seperti Muslim,
Bukhari, Abu Dawud, dll.

Contoh:
Waktu meriwayatkan hadits Nabi Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam, Bukhari berkata hadits
ini diucapkan kepada saya oleh A, dan A berkata diucapkan kepada saya oleh B, dan B
berkata diucapkan kepada saya oleh C, dan C berkata diucapkan kepada saya oleh D, dan
D berkata diucapkan kepada saya oleh Nabi Muhammad.

Awal Sanad dan akhir Sanad

Menurut istilah ahli hadits, sanad itu ada permulaannya (awal) dan ada kesudahannya
(akhir). Seperti contoh diatas yang disebut awal sanad adalah A dan akhir sanad

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons